Kecelakaan Lalu Lintas Pembunuh Nomor 3 di Indonesia

Kecelakaan Lalu Lintas Pembunuh Nomor 3 di Indonesia

artikel di detik.com
Kecelakaan Lalu Lintas Pembunuh Nomor 3 di Indonesia
Reporter: Luhur Hertanto

detikcom – Jakarta, Kecelakaan lalu

lintas merupakan pembunuh nomor 3 di
Indonesia. Setiap tahunnya rata-rata 30.000 nyawa melayang di jalan raya.

Demikian diungkapkan Menteri Perhubungan Hatta Rajasa kepada wartawan usai menghadiri peringatan HUT Korpri ke-33 di Istora Senayan, Jakarta, Senin (29/11/2004).

“Dengan angka setinggi itu, Indonesia duduk di peringkat ke-3 negara di ASEAN yang jumlah kecelakaan lalu lintasnya paling tinggi. Ini angka yang luar biasa, kecelakaan bisa digolongkan sebagai pembunuh nomor 3 di Indonesia,” ujarnya.

Sekadar diketahui, penyebab kematian nomor 1 dan 2 adalah penyakit jantung dan stroke. Data dephub menyebutkan mayoritas penyebab utama kecelakaan lalu lintas adalah kondisi kendaran yang tidak laik jalan dan kelelahan fisik pengemudi.

Menurut Hatta, perlu tindakan drastis dalam penegakan hukum dan disiplin yang tinggin untuk menekan angka kecelakan lalu lintas. Untuk itu, lanjut Hatta, pihaknya bersama instansi terkait tengah merumuskan metode memperketat pemberian lisensi kepada pengemudi kendaraan umum.

Metode lainnya adalah dengan menerapkan sistem champion awards, yakni mengaitkan kinerja pemda dengan angka kecelakaan di wilayahnya. “Jadi pemda juga bertanggung jawab menekan angka kecelakaan,” katanya.

Dua metode tersebut, lanjut Hatta, mengemuka dalam pertemuan menteri-menteri transportasi ASEAN di Kamboja yang baru saja diikutinya. Salah satu dekralasi yang dihasilkan dalam pertemuan itu adalah menekan tingginya angka kecelakaan di negara-negara ASEAN.

Disinggung soal kecelakaan lalu litas di jalan tol, Hatta menilai sebagai hal yang memprihatinkan. “Kecelakaan di jalan topl sangat memprihatinkan karena tersedianya infra struktur transportasi yang baik justru menyebabkan angka kecelakaan meningkat,” tuturnya.(rif)

About these ads

One response to this post.

  1. Posted by aliz on March 22, 2010 at 8:00 am

    Harus ada sebuah gerakan bersama untuk mencegah kecelakaan lalu lintas.. gw jadi inget dengan gerakan Shell Road Safety, gerakan berlalulintas dengan baik sejak dini (untuk anak2 SD).. Nah harusnya ada gerakan serupa untuk remaja, dan orang dewasa sehinga tingkat kecelakaan lalu lintas bisa di tekan.. :)

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: