Mudik 2010 Dipastikan Semrawut

sumber: Jakartapress.com]

Senin, 02/08/2010 | 18:59 WIB Mudik 2010 Dipastikan Semrawut

Yogyakarta – Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM, Dr Heru Sutomo mengatakan, pemerintah harus merancang manajemen transportasi sedini mungkin untuk keperluan mudik Idul Fitri mendatang. Segera tentukan titik rawan yang butuh perhatian serius. Tak kalah penting, bagaimana bisa menekan laju sepeda motor untuk transportasi mudik.

“Mudik tahun ini pasti masih semrawut. Selama ini tidak pernah ada penelitian serius untuk mengatasinya. Pemerintah selalu hanya melakukan rapat persiapan mudik saja,” kata Heru Sutomo, di kantornya, Senin (2/8).

Untuk mengatasi persoalan macet yang menjadi penyakit transportasi tahunan itu, perlu digenjot pengembangan transportasi kereta api. “Rampungkan segera pembangunan double track. Kalau hanya menambah gerbong, saya kira masih sulit karena pada dasarnya kita juga masih kekurangan gerbong,” ujarnya.

Pada dasarnya, tandas Heru, manajemen transportasi sekarang ini masih semrawut. Kesiapan infrastruktur jalan masih jauh dari ideal. Dan tentu saja, tidak ada lagi waktu untuk memberbaiki kondisi jalan raya guna keperluan mudik mendatang.

Pemerintah harus mengkomunikasikan masalah transportasi secepatnya untuk keperluan mudik. Misalnya, di mana saja jalur pantura yang kondisinya buruk untuk dilalui.
Semuanya harus diinformasikan dan memberikan solusi jalur alternatifnya. “Melihat kondisi sekarang, sudah bisa dipastikan akan banyak masalah transportasi saat arus mudik dan arus balik lebaran mendatang,” kata Heru.

Hal penting lainnya, lanjut Heru, pemerintah harus mengontrol agenda mudik bareng memakai armada bus yang biasanya diorganisir oleh perusahaan-perusahaan. “Armada untuk kepentingan umum harus diprioritaskan. Harus ada pembatasan bus yang dipakai mudik bersama oleh perusahaan-perusahaan,” katanya.

H-10 Pantura Losari-Brebes Siap
Sementara itu jalur pantai utara (pantura) antara Losari-Brebes (Jateng), siap untuk dilalui arus mudik Lebaran 2010. Kendati saat ini di sejumlah ruas jalan masih dalam proses perbaikan, ditargetkan pada H-10 semuanya sudah rampung.

Kepala Seksi (Kasi) Jalan dan Jembatan Balai Pelaksana Teknis Binamarga Pekalongan Barat, Fatrhoni, Senin (2/8), mengatakan pada H-10 Lebaran ditargetkan semuanya sudah siap, termasuk menyingkirkan alat berat yang digunakan untuk memperbaiki jalan dan sisa-sisa materialnya, sehingga bisa nyaman dilalui.

“Selain ada perbaikan berupa peninggian badan jalan yakni di dekat Kota Kecamatan losari, di sejumlah ruas jalan antara Losari-Brebes itu nantinya juga akan terus diperbaiki. Perbaikan berupa penutupan lubang serta meratakan badan jalan yang bergelombang,” katanya.

Khusus peninggian badan jalan yang di Losari untuk mempercepat penyelesiannya akan menggunakan aspal base, dan nanti setelah Lebaran dibongkar tapi gorong-gorongnya tetap bisa dilalui. Demikian juga perbaikan yang di Pejagan, setelah Lebaran akan ditingkatkan lagi.

Kendati musim arus mudik Lebaran masih lebih sebulan lagi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, juga sudah mulai mempersiapkan sarana dan prasarana jalan. Antara lain persiapan jumlah angkutan baik antarkota antarprovinsi (AKAP), antarkota dalam provinsi (AKDP) maupun angkutan pedesaan (angkudes).

Kepala Dishubkominfo Pemkab Brebes, Suprapto SH mengatakan semua kendaraan AKP, AKDP dan angkudes sudah mulai diuji kelaikan jalannya. Untuk AKAP, telah disiapkan bus sebanyak 350 unit, AKDP sebanyak 289 unit, dan angkudes sebanyak 952 unit. (Py)

Ini berita yang saya dapat dari jakartapress. Oleh karenanya buat rekan rekan yang akan mudik mohon diperhatikan benar mengenai jadwal mudik dan persiapannya. Pastikan anda memantau arus mudik sebelum memutuskan pulang kampung. Memilih waktu dan jalur yang tidak tepat tentunya akan menghabiskan waktu percuma dan tambahan biaya.

One thought on “Mudik 2010 Dipastikan Semrawut

  1. selamat pagi.salam kenal
    bwt yg mudik, slmat jalan.pererat silaturahmi dgn sanak keluarga di kampung, asal ibadahnya jgn tertinggal slm di prejalanan..
    Jgn lupa bawa oleh2 mudik.cari yg murah namun unik,exklusif dan ga banyak dipasaran,mampir saja ke blog saya utk melihat2 koleksi oleh2nya, muda2an bisa membantu anda
    Perhatikan keselamatan ya bwt teman2 yg mudik…syg ga bisa ikut mudik..gini de nasib bukan perantauan..ga punya kampung yg didatangin..:D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s