Sistem Transportasi Buruk

Buruknya transportasi umum di Indonesia seperti benang kusut yang sulit di urai. Setelah kecelakaan kereta api yang mengakibatkan 34 orang meninggal dunia, kembali kecelakaan kereta dengan truk terjadi diperlintasan Permata Hijau. Masalahnya sepele…Karena macet. Jakarta hujan maka dipastikan banjir…kalau sudah banjir nah macet..kalau macet yang terjadi adalah musibah seperti yang dialami oleh truk ini.

Kapan ya pemerintah memprioritaskan moda transportasi umum

Jakarta – Kereta Api  Serpong-Tanah Abang menabrak truk bak terbuka di lintasan kereta Permata Hijau, Jakarta Selatan. Truk itu tertabrak bukan karena menerobos palang pintu, tapi karena imbas kemacetan pasca hujan.

Dikatakan saksi mata Anto yang memberikan informasi melalui fasilitas info anda kepada detikcom, Rabu (6/10/2010) kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 20.30 WIB.

Jalur Palmerah ke Permata Hijau macet hingga di lintasan KA Permata Hijau. Karena macet, maka sebagian kendaran tertahan di lintasan KA itu.

“Truk itu bukan menerobos, karena macet otomatis palang lintasan otomatis nggak bisa ketutup, kereta lewat,” jelas Anto.

Padahal petugas penjaga lintasan KA itu, imbuh Anto, sudah memperingatkan masinis. Petugas terlihat sibuk hingga memberikan sinyal dengan mengacung-acungkan bendera.

“Truk yang ditabrak bak terbuka. Habis nabrak kereta langsung berhenti dan korslet aliran listriknya. Truknya malang di perlintasan,” imbuh Anto yang saat itu hendak pulang ke rumahnya di kawasan Senayan ini.

Mengenai ada atau tidaknya korban Anto tidak mengetahui persis karena langsung melanjutkan perjalanan.

Kejadian tersebut dibenarkan oleh petugas operations center PT KA Aptori ketika dikonfirmasi detikcom. Kecelakaan ini membuat perjalanan KA arah Serpong terhalang. Aptori mengatakan tidak ada korban dalam kecelakaan ini.

“Nggak ada korban. Perjalanan KA terhalang, diam semua. Ini KA-nya mau ditarik kereta dari Manggarai,” kata Aptori. (nwk/gah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s