layakkah biaya parkir 5 X Lipat

Ini adalah informasi yang saya dapat berkaitan dengan rencana kenaikan tarif.

YLKI: Tarif Parkir Naik 5 Kali Lipat, Tapi Konsumen Harus Dilindungi

Hery Winarno : detikNews

detikcom – Jakarta, Kenaikan tarif transportasi di pandang Yayasan Perlindungan Konsumen Indonesia (YLKI) sebagai manajemen transportasi. Kenaikan tidak masalah namun ada dua syarat yang harus dilakukan.

“Pertama, kenaikan tarif harus disertai dengan konsep perlindungan konsumen yang baik. Dalam hal ini setiap kendaraan yang hilang di tempat parkir harus diganti,” ujar pengurus harian YLKI Tulus Abadi saat berbincang dengan detikcom, Kamis (7/10/2010).

Menurut Tulus, sisi perlindungan konsumen sering diabaikan dalam kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Termasuk dalam hal parkir, hak-hak konsumen tidak dilindungi karena setiap kehilangan tidak mendapat ganti rugi, sedangkan bila struk parkir hilang konsumen harus membayar sejumlah uang.

“Tidak semua kendaraan di Indonesia ini di asuransikan, makanya nanti dalam aturannya kehilangan kendaraan harus diganti oleh pengelola parkir,” usul Tulus.

Syarat kedua bisa menaikan tarif parkir, Pemprov DKI harus membenahi transportasi massal seperti busway dan mass rapid transit (MRT). Tanpa itu kenaikan tarif parkir akan dipandang tidak adil oleh masyarakat.

“Jadi konsumen punya pilihan ketika tidak sanggup menggunakan kendaraan pribadi karena parkir mahal bisa beralih ke tranportasi umum. Tapi kalau dengan kondisi sekarang, itu tidak adil karena transportasi yang ada kurang memadai,” imbuhnya.

DTKJ mengusulkan kepada gubernur agar tarif parkir dinaikan dengan menggunakan sistem zoning. Dengan sistem tersebut Jakarta akan di bagi menjadi zona 1, 3 dan 5. Kenaikan tarif akan disesuaikan dengan zona-zona tersebut.

Untuk zona satu yang merupakan kawasan pinggiran maka tarif naik 1 X lipat, untuk zona 3 naik 3X lipat begitu juga zona lima yang merupakan kawasan padat dan pusat perniagaan akan naik 5X lipat.

posted by http://www.ordtraining.com via BB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s