Lalulintas Hongkong yang tertib

Perjalanan saya kali ini menjelajah hongkong dan sekitarnya dari tanggal 3 – 8 November 2010. pulau yang saya kunjungi adalah Lantau, Island dan Kowloon dan New Territories). Kembali indonesia sangat kalah jauh dibandingkan dengan lalulintas di Negara Bagian China yang sudah diserahkan oleh  Koloni Inggris ini.  Saya bertemu dengan rekan dari India dan mereka tanya saya asal dari mana, kemudian saya bilang Indonesia. Wah mereka menertawakan lalulintas Jakarta. Bayangkan orang India saja melecehkan lalulintas Indonesia apalagi negara maju. Wah pokoknya malu lah kalau kita cerita lalulintas Negeri Sendiri. Rekan saya cerita bahwa dia pernah ke Indonesia dan dari kantor Telkomsel ke J.W, Marriot tempat dia nginap perlu waktu 2 jam saat jam pulang kantor. Crazy Jakarta Traffict, masa cuma seberang jalan bisa 2 jam, wah lebih baik jalan kaki katanya. Sialnya dia nggak tahu jalan, setelah tau dekat dia mengumpat hahaha.

Its crazy katanya berulang ulang dan setelah kejadian itu dia tidak mau lagi ditugaskan ke Jakarta. wah memalukan ya….well mudah mudahan cerita saya disini bisa dibaca oleh petinggi negeri kita dan dijadikan cermininan pengelolaan transportasi di Indonesia mulai Dishub, Departemen of Transportation dan pihak pihak terkait. Ga usah jauh jauh nyontoh Bogota lah, yang deket aja Singapore dan Hongkong bisa jadi contoh. Kita sudah lelah menunggu lalulintas kita bisa lebih baik dari negeri lain.

Satu lagi masukan dari rekan saya orang India itu, menurutnya sangat sulit untuk mendapatkan peta jalan di Jakarta. Di Hongkong, banyak terdapat Hongkong Tourism Board yang menyediakan Peta secara gratis, menyediakan list of  hotel maps, place of interest dan lain lain. Wah sangat nyaman deh pokoknya.

Mari kita mulai ceritanya :

Hong Kong terdiri dari Pulau Hong Kong, Kowloon, dan New Territories . Hong Kong dilayani oleh Bandara Internasional Hong Kong di Chek Lap Kok namun lebih sering dikatakan terletak di Lantau.

Hong Kong memiliki sistem transportasi dalam kota yang mapan dan modern yang terdiri dari kereta api, bus, tram, feri, dan taksi. Hampir semua layanan transportasi dapat dibayar menggunakan Octopus Card.

Jaringan kereta bawah tanah dikelola oleh MTR Corporation Limited yang mengelola MTR dan Kowloon-Canton Railway Corporation yang mengelola KCR sedangkan layanan tramnya adalah satu-satunya di dunia yang memakai kereta tram dua tingkat. Jaringan bus dikelola oleh 5 operator yang menggunakan bus dua tingkat seperti terdapat di London dan Singapura. Terdapat pula layanan taksi yang 99% armadanya menggunakan LPG.

Layanan feri yang paling dikenal adalah Star Ferry yang menyeberangi Victoria Harbour antara Tsim Sha Tsui, Central, Wan Chai, dan Hung Hom dengan biaya hanya 2 HKD. Sistem tiketing semua serba otomatis. Masukan uang ke vending machine dan koin akan keluar sendirinya dan koin itu dimasukan ke pintu masuk.  Semua dengan mesin sehingga tidak ada tindakan suap atau sogok atau menganggap orang penting yang bisa masuk dengan gratis.

Dari masing masing terminal seperti di Central sudah terdapat Bus Umum double decker yang siap mengantar anda kemanapun tujuan anda di pulau Hongkong. 15 C adalah nomor bus yang megnarah ke Peak Tram Terminal yang terletak di Central juga. Kalau anda ingin langsung ke the Peak maka anda bisa naik  Bus Double Decker No. 15.  Dipulau hongkong sendiri banyak moda transportation seperti Trem, Bus atau MTR. Moda transportasi yang banyak alternativenya ini lah yang membuat masyarakat Hongkong memilih menggunakan kendaraan umum dibandingkan dengan kendaraan pribadi.

Begitu banyaknya bis sehingga kita tidak perlu takut tidak terangkut atau berdesakan untuk berdiri. Tidak ada copet, tidak ada yang berdiri dan tidak ada yang melakukan sexual harrashment di dalam bus.  Hebatnya lagi tidak ada kondektur karena penumpang membayarnya dengan cara elektronik. Setiap bus dilengkapi dengan digital TV sebagai hiburan dan promosi.

kemudian di terminal bus, setiap arah ada petunjuknya termasuk terminal terminal yan dilewati bus tersebut berikut tarifnya.  Terlihat memang fondasi struktur transportasinya begitu bagus dan mungkin lebih bagus di bandingka Singapore yang terkadang kita masih harus berdiri saat didalam bis.

Kalau di Singapore ada bus Hop On maka di Hongkong ada Open Top Bus Tour Double Decker, dimana setiap penumpang dengan membayar HKD 50 bebas mau kearah manapun anda menuju.

Kita lihat semua antri dengan tertib. Bis hanya menunggu maksimal 5 menit sehingga seluruh keberangkatan terjadwal.  Tidak ada penumpang yang berdiri dan tidak ada yang berdesak desakan.  Semua bus dilengkapi dengan CCTV sehingga semua orang tidak berani melakukan kejahatan didalam bus. Kemudian semua Bus dilengkapi pula dengan TV digital. nah nggak bosan kan menempuh perjalanan.

7 thoughts on “Lalulintas Hongkong yang tertib

  1. Jay, Hongkong bisa dijadikan contoh dalam pengelolaan public/mass rapid transport. Kenapa petinggi kita yg terkait ngga mau mencontoh agar bisa diterapkan di Jkt?. Pengalaman saya juga sewaktu di sana hanya dalam waktu singkat karena info jelas, berpergian dengan angkutan umum, menjadi mudah dan nyaman.

    salam

  2. Pak Jaya, sebetulnya saya juga udah “gatel” pengen sharing urusan lalu lintas di jakarta, tapi belum sempat bikin tulisan nih …

  3. Aduuuh… Ampun… ampuuun…
    Malu… Malu…, kita malu sendiri kalau membandingkan moda transportasi Jakarta dengan kota besar lain di negara tetangga kita.

    Yang dekat saja, Singapura, Kuala Lumpur, Bankok… halah… Gak tahu deh mesti ngomong apa lagi… Jangankan tourist, kita aja gak ngerasa aman apalagi nyaman kok. Tapi yah… memang begitu adanya, gak cuma masalah transportasi… juga public services lainnya…. Kadang geli kalau inget slogan “Saya tahu solusinya”, yang menjadi jargon kampanye saat pemilihan gubernur DKI yang lalu.

    Yuk… kita tanyain lagi ‘solusinya’ kena macet di mana yuuk…
    Kok gak nyampe-nyampe…

  4. Coba sekali-kali perhatikan Polisi patroli jalan raya, mereka nggak ada yang pake seatbelt bro. gimana mau jadi contoh. Kalo lalulintas suatu neara tertib berarti penduduknya juga tertib, kalo kacau kayak negara kita itulah cerminan watak bangsa kita semua lini sudah kacau balau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s