Antisipasi Hemat Bahan Bakar

pengumuman pemerintah sudah jelas bahwa mulai maret bahan bakar bersubsidi hanya untuk kendaraan umum, nah padahal saat ini pertamax sudah mulai merangkak naik. Kalau sudah begini  kita harus mengencangkan ikat pinggang dan mensiasati biaya pengeluaran. Nah salah satu caranya adalah dengan mempertimbangkan kembali menukar mobil anda dengan yang hemat bahan bakar. Mobil apa saja yang hemat bahan bakar ?  pilihannya adalah Kia Picanto, suzuki katana, aveo, hyundai avega, estillo dan masih banyak lagi. Bahkan mercedes mengeluarkan kendaraan dengan dua pintu dengan nama smart dan smart ini diklaim sebagai kendaraan 2 seater dengan bahan bakar sangat irit yakni 21.7 km l walaupun harganya cukup mahal yakni 249 juta tetapi sangat bermanfaat dalam penekanan penggunaan bbm yang tahun ini mencapai 331,6 juta kilo liter !!! bukan main. Ini terjadi karena kembali lagi pemerintah tidak mempunyai program jangka panjang moda transportasi masal. coba bandingkan dengan lalulintas dan sistem transportasi di hongkong sangat kontras perbandingannya. Tak heran terjadi pemborosan bbm dinegara kita dan 30 persen terbuang percuma karena kemacetan dan transportasi yang tidak produktif.

Nah bagaimana kita mensiasatinya, ? lakukan ecodriving, usahakan menggunakan kendaraan umum kalau memungkinkan, alternatif berikutnya gunekan kendaraan non bbm seperti sepeda. Tidak memungkinkan juga maka beli kendaraan ramah lingkungan dan irit bahan bakar.

Dibawah ini adalah contoh kendaraan hemat bbm

Baban Gandapurnama – Sumber detikOto

 

Gambar
Gambar

Bandung – Mendengar kata Rajawali, ingatan akan kita langsung mengarah pada burung yang bisa terbang tinggi. Namun Rajawali yang ini tidak bisa terbang, namun bisa
membawa kita sejauh 3.200 kilometer dengan 1 liter bensin saja.

Ya, mahasiswa Institut Teknologi Bandung (TB) berhasil merakit sebuah mobil hemat BBM yang rencananya akan ikut kejuaraan Shell Echo Marathon Asia 2010.

Mobil itu dinamai ‘Rajawali’ dan dirakit Tim Rajawali Indonesia ITB. Mobil berbentuk kapsul yang terinspirasi oleh bentuk tetes air mata ini, hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk menempuh jarak 3.200 kilometer.

Menurut perwakilan Tim Rajawali, Rianto, mobil tersebut akan ikut kejuaraan Shell Eco Maraton di Sepang, Malaysia, tanggal 8-10 Juli 2010 mendatang.

“Ya nanti mobil ini akan mengikuti kejuaraan untuk kategori Futuristic Prototype. Dan tim kita terdiri dari 14 orang,” tuturnya ketika ditemui di sela-sela pengenalan mobil ‘Rajawali’ di kampus ITB Jalan Ganeca, Bandung Senin (26/4/2010).

Meski begitu ia mengaku belum menguji coba mobil tersebut.  “Kalau diilustrasikan jarak 3.200 km ini 3 kali bolak-balik Jakarta Surabaya. Ini baru target tapi belum diuji,” terangnya.

Spesifikasi mobil sendiri sangat mantap karena bodi mobil terbuat dari carbon fiber dipadu resin. Mesinnya sendiri berkapasitas 35 cc yang diadopsi dari mesin pemotong rumput. Menggunakan 1 silinder dengan 1,6 daya kuda. Sementara untuk ban, menggunakan ban sepeda 16 inci.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s