trip to Japan

pang (1)

Dear diary,

Kali ini saya mau menulis beberapa tips mengenai jalan-jalan ke Jepang, sebab akhir-akhir ini banyak sekali teman-teman saya yang sepertinya berminat untuk jalan-jalan ke Jepang. Jadi, siapa tau postingan ini bisa membantu mereka yang berencana kesini.

Pada dasarnya, ada dua kendala jalan-jalan ke Jepang: mahal dan bahasa. Jepang memang terkenal mahal, bisa diliat dari harga air mineral yang rata-rata 100-150 yen (Sekitar Rp 10.000 – 15.000), yang mana 10 kali lipat di Indonesia. Masalah bahasa, penduduk Jepang terkenal tidak fasih berbahasa Inggris. Jadi, bagi yang bener-bener ga bisa bahasa Jepang, memang terlihat susah untuk melakukan travelling solo, lebih baik ikut tur.

Tapi, ga ada yang ga mungkin kan? Jalan-jalan ke Jepang murah tanpa takut kesasar karena ga bisa bahasa Jepang? Mungkin banget! Berikut tips-tipsnya.

Penginapan:

1. Pilih menginap di hostel dibandingkan hotel. Menurut pengalaman saya, saya sudah tiga kali menginap di hostel (Tokyo, Kyoto, Hiroshima), dan semuanya memuaskan. Orang Jepang suka kebersihan, jadi hostelnya pun ga ada yang ga bersih. So, jangan takut dengan kasur yang jelek, kamar mandi kotor, dsb. Plus ada kelebihan lainnya, kamu bisa berkenalan dengan banyak orang dari mancanegara, dan biasanya resepsionis hostel ramah, bisa diajak ngobrol n nyari-nyari informasi tempat wisata. Malah kadang-kadang resepsionis hostel lebih jago bahasa Inggris dibandingkan resepsionsi hotel. Hehehe… Kisaran harganya sih semalam 2000-3000 yen, malah ada yang 1500 yen.

2. Kalau mau lebih murah lagi? Nginep di tempat kenalanmu yang ada di Jepang. Bisa gratis tuh…hehehehe… Yah, paling bayar sedikit buat belanja makanan.

Transport

Jujur saja, saya lebih berani jalan-jalan sendirian di Jepang dibandingkan di Indonesia. Sebab disamping aman, transportasinya oke punya (kalo ga badai salju yaa…). Berikut tips-tips hematnya

1. Buat yang dapat visa turis, kamu bisa mengurus JR Pass, dengan tiket ini kamu bisa dapat potongan diskon di berbagai jenis kereta JR (PT. KA nya Jepang), bahkan sampai Shinkansen juga lho.

2. Untuk jalan-jalan pas weekend, manfaatkan Free Ticket, yang artinya dengan bayar sejumlah uang tertentu kamu bisa jalan-jalan naik kereta/bus/tram kemana aja dalam sehari. Biasanya di Kyoto, ada free ticket seharga 500 yen yang bisa dipakai buat keliling berbagai tempat wisata dalam sehari (kalau ga pakai tiket ini, harga sekali naik bus sekitar 220 yen).

3. Pada musim-musim tertentu ada juuhachi kippu (tiket 18.000 yen) untuk naik kereta biasa JR (bukan express apalagi Shinkansen) kemana saja, bahkan sampai ke Hokkaido. Tiket ini bisa dipakai lima kali, yang artinya satu orang dalam lima hari yang berbeda pergi kemana saja yang dimau, atau dipakai oleh lima orang dalam satu hari, kemana saja yang dimau.

4. Kadang-kadang menyewa mobil juga jatuhnya lebih murah. Tapi kamu butuh SIM Internasional atau SIM Jepang. Menurut teman saya, waktu itu dia pergi ke Nagoya dengan 5 orang temannya, dia menyewa mobil untuk sehari seharga 15000 yen dan biaya bensin sekitar 5000 yen. So, totalnya 20.000 yen, dibagi lima, jatuhnya per orang 4000 yen. Lebih murah dibandingkan naik kereta express yang dari Fukui-Nagoya sekitar 8000 yen sekali pergi.

Makan

1. Biasanya di supermarket, berbagai makanan jadi suka didiskon ketika sore. Ini karena orang Jepang tidak suka makanan yang ‘agak lama sedikit’ mereka mikirnya sudah ga segar lagi. Tapi yang begini justru menguntungkan, karena menurut saya, disamping murah, rasanya juga masih enak kok

2. Masih di supermarket juga, kalo jeli, suka ada selembaran yang bertuliskan makanan-makanan yang lagi didiskon saat itu. Jadi kamu bisa mendapatkan makanan yang sama dengan yang ada di supermarket lain, tapi dengan harga yang jauh lebih murah.

3. Kalau di restoran, cari restoran yang bisa makan sepuasnya atau minum sepuasnya. Biasanya di family restaurant semacam Saizeriya atau Coco’s menyediakan menu minum sepuasnya. Kamu bisa ambil banyak kantong teh buat dibawa pulang…hahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s